Text
Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat
Ketika Anda mengajar suatu materi pelajaran, apakah siswa Anda mengingat informasi yang telah Anda berikan di keesokan harinya? Di minggu berikutnya? Akankah mereka cukup lama mengingat informasi itu agar dapat digunakan pada saat tes, dan yang terpenting, akankah mereka mengingatnya dengan cukup baik agar dapat dimanfaatkan sepanjang hidup mereka di luar sekolah?
Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat memberikan tujuh langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima informasi di memori langsung, menindaklanjutinya di memori kerja, menyimpannya di memori jangka panjang, dan mengambil kembali informasi tersebut, serta memanipulasinya di situasi yang tidak terduga –yaitu menggunakan hal yang telah mereka pelajari saat mereka membutuhkannya.
Melalui langkah demi langkah, Anda akan menemukan :
- cara menjangkau siswa Anda dan membuatnya memperhatikan informasi yang masuk
- cara mendorong refleksi agar memungkinkan siswa membuat koneksi dengan pengetahuan yang sebelumnya secara lebih baik
- cara membantu siswa mengode ulang konsep baru dengan kata-kata mereka sendiri untuk mengklarifikasi pemahaman mereka
- cara menggunakan umpan balik untuk menyediakan kerangka kerja bagi pembelajaran dan menunjukkan hal-hal penting yang harus diingat pada otak
- cara menggabungkan strategi latihan yang menyediakan banyak kesempatan untuk mengingat materi
- cara menyusun proses review agar siswa mengingat informasi tidak hanya saat tes saja
- cara meluruskan instruksi, review, dan penilaian untuk membantu siswa menjadi lebih mudah dalam menerima informasi.
02402.1 | Pustaka Hang Tuah (Blok D) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain